Ragam Kue Basah di Toko Kue Simpang Tiga
November 19, 2016
Kue Balok Pak Endang yang Lezat dan Kenyal
November 28, 2016

JAM BUKA: 13.00 – 21.00

Menyusuri ragam kuliner di Empang sepertinya tidak ada habisnya, dari mulai cemilan hingga makan besar dapat Anda temui di Empang, dan dari pagi hingga senja Anda akan menemukan beragam kuliner yang selalu menggugah selera Anda untuk ingin terus mencoba. Kuliner yang satu ini harus Anda coba di saat sore atau malam hari, yaitu Soto Pa Aja.

Soto Pa Aja merupakan soto yang berbeda dari yang lain, Soto Bogor biasanya identik dengan Soto Mie atau Soto Kuning, namum Soto Pa Aja ini merupakan Soto bening yang sudah berusia lebih dari lima puluh tahun, Pa Aja sebagai pendirinya saja sudah almarhum dan penerusnya, Pa H. Agus yang merupakan anak kandung Pa Aja juga sudah meninggal dan terus dilanjutkan oleh para pengikut Pa Aja dan Pa H. Agus yang sudah lama mengikuti mereka berdagang, yaitu Pa Kumis dan sekarang kembali dilanjutkan oleh trah Pa Aja yaitu menantunya sendiri (istri Pa H. Agus) yang bernama Bu Hj. Diah dan dibantu oleh asistennya yang bernama Kang Hikmat Maulana selaku saudara dari Bu Hj. Diah, berhubung Bu Diah sudah berusia, jadi lebih sering dilayani oleh Kang Hikmat.

Yang menjadi ciri khas utama dari Soto Pa Aja bukan saja rasa melainkan letak usaha yang berada di Pohon Karet Alun-Alun Empang, selain itu Anda juga dapat menemui alat pikulan yang bernama Tanggungan yang merupakan warisan dari Pa Aja yang masih tetap ada sejak dahulu berjualan keliling dengan dipikul, dan mengenai rasa, juga sangat menggugah selera karena soto bening ini memiliki kuah yang gurih dan tidak kental, rasa kuah akan semakin menggairahkan bila dinikmati dengan keadaan hangat dan dengan sambal yang banyak sehingga rasa menjadi pedas dan menggoda. Cita rasa yang tetap terjaga adalah pada kegurihan kuah, lembutnya daging, pengemasan nasi yang menggunakan daun pisang dan penggunaan kecap Zebra kecap asli Bogor.

Untuk menikmatinya, Anda dapat memilih beragam menu dengan harga yang beragam, dari mulai dengan jeroan (Iso, Babat dan Limpa) yang berharga 5.000 rupiah, lalu Daging Kepala dan Kikil yang dihargai 10.000 rupiah dan Daging Empal yang bernilai 13.000 rupiah. Bagi Anda yang menyukai makanan berkuah, khususnya Soto, sudah saatnya mencoba Soto Pa Aja yang legendaris ini, untuk dapat mencobanya Anda dapat mengunjungi lapak Soto Pa Aja yang berjualan sejak pukul 13.00 sampai pukul 21.00. Selamat mencoba.

Robby Firliandoko

Comments are closed.